NASIONAL

Muba Kabupaten Pertama di Indonesia Memiliki Perda Covid-19

EkbisNews.com, Sekayu – Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menjadi salah satu daerah kabupaten dan kota di Indonesia yang selangkah berada di depan dalam menata regulasi penanganan pandemi Covid-19. Ditandai dengan disahkannya Peraturan Daerah (Perda) tentang Pelaksanaan Pola Hidup Masyarakat yang Sehat, Disiplin dan Produktif di Era Kebiasaan Baru Covid-19 di Kabupaten Muba.

Dalam rapat paripurna masa persidangan I rapat ke-41 di ruang rapat paripurna DPRD Muba, Senin (30/11) rancangan peraturan daerah (Raperda) tersebut telah disahkan menjadi Perda bersama tiga Raperda lainnnya.

Raperda yang telah disetujui DPRD Muba menjadi Perda bersama Pemerintah Kabupaten Muba tersebut telah ditandatangani Bupati Muba Dodi Reza Alex pada rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Muba Sugondo.

Menurut Bupati Dodi, dengan disahkannya Raperda tentang Pelaksanaan Pola Hidup Masyarakat yang Sehat, Disiplin dan Produktif di Era Kebiasaan Baru Covid-19 di Kabupaten Muba menjadi Perda, maka Kabupaten Muba adalah yang pertama di Indonesia memiliki Perda Covid-19 untuk kabupaten setelah sebelumnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) memiliki Perda Covid-19.

Lihat Juga  Dodi, Muara Medak dan SMI

“Dengan rasa bangga dan haru, saya sangat berterimakasih kepada kita semua karena Perda Covid-19 ini yang merupakan Perda yang sangat penting untuk menyelamatkan kehidupan umat manusia oleh pandemi Covid-19. Ini adalah yang pertama di Indonesia untuk tingkat kabupaten,” katanya.

Sebelumnya DPRD DKI Jakarta telah mensahkan Perda Covid-19 pada 19 Oktober 2020. Pemprov Sumbar telah mensahkan Perda No.6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Selain Perda tentang Covid-19 menurut Dodi Reza Alex, DPRD Muba telah mensahkan Raperda tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Peraturan Zonasi BWP Perkotaan Kecamatan Babat Supat, Raperda tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2017 tentang RPJMD Kabupaten Muba tahun 2017-2022, dan Raperda tentang Pembentukan BUMD PT Muba Energi Maju Berjaya (Perseroda) menjadi Perda.

Lihat Juga  Airlangga Hartarto Sahkan Kepengurusan DPD Partai Golkar Sumsel 2020-2025

Dalam pendapat akhirnya Bupati Muba menjelaskan mengenai Raperda tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2017 tentang RPJMD Kabupaten Muba Tahun 2017-2022, untuk adaptasi perubahan dari anggaran karena pandemi COVID-19. “Hari ini Kabupaten Muba menjadi daerah kabupaten pertama yang mengadaptasi RPJMD di tengah Pandemi Covid-19,” ujarnya.

Sementara disahkannya Perda tentang Pembentukan BUMD PT Muba Energi Maju Berjaya (Perseroda) menurut Dodi, “Ini adalah Perda Partisipasi Interest dan menjadi yang pertama juga untuk daerah kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Kepada Pansus, dan Bapemperda DPRD Muba terima kasih atas kerja keras demi menghasilkan produk hukum yang berkualitas,” kata Bupati peraih gelar doktor dari Fisip Universitas Padjajaran.

Editor : Maspril Aries

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close