NASIONAL

Menteri PUPR Optimistis Tol Trans Jawa Tekan Biaya Logistik

EkbisNews.com, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meyakini Tol Trans Jawa dapat membantu mengatasi permasalahan logistik yang dihadapi pelaku usaha.

Dikutip dari Antara, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan pengoperasian Tol Trans Jawa akan memperlancar logistik.

“Sehingga vendor, misalnya di Sidoarjo tidak perlu mendirikan pabrik di Karawang supaya dekat dengan pabrik utama. Tol Trans Jawa akan memangkas biaya angkutan logistik dan mengurangi waktu tempuh pengiriman barang,” ujar Basuki, Senin (4/11).

Basuki menambahkan dengan adanya kepastian waktu tempuh, maka investor dapat membuat perhitungan rencana bisnis lebih matang.

Lihat Juga  RA Anita Noeringhati Terpilih Kembali Sebagai Ketua KPPI Sumsel

“Dan dapat membuka lapangan pekerjaan di sekitar pusat perindustrian di setiap daerah,” ungkapnya.

Dia pun menjelaskan manfaat lain tol Trans Jawa yakni dapat diintegrasikan dengan kawasan industri baru yang saat ini sudah muncul seperti Ngawi dan Nganjuk.

“Selain itu dapat mendukung akses ke destinasi pariwisata sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo 2019-2024,” papar Basuki.

Basuki memaparkan fokus pembangunan Kementerian PUPR lima tahun ke depan adalah menghubungkan jalan tol yang akan dikoneksikan dengan kawasan strategis seperti pelabuhan, bandara, kawasan industri dan pariwisata.

Lihat Juga  Pertamina Waspadai Mobil Listrik

Hal tersebut karena meningkatnya konektivitas dengan kehadiran Tol Trans Jawa diharapkan dapat menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi kawasan dan menciptakan pusat ekonomi baru di Pulau Jawa.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button