LifeStyle

Lomba Kesaktian Pancasila PTBA Bertabur Hadiah Total Rp26 Juta

EkbisNews.com, Tanjung Enim – Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020,  PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menggelar lomba menulis bebas untuk jurnalis, lomba foto dan lomba baca puisi. Lomba yang bertema “Kesaktian Pancasila” tersebut menyediahkan hadiah uang tunai total Rp26 juta.

“Lomba ini diselenggarakan PTBA sebagai bentuk ekspresi cinta terhadap tanah air dan bertepatan dengan memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020. Perlombaan ini merupakan momen untuk mengenang sejarah revolusi dimana Pancasila tetap berdiri kokoh ditengah badai,” kata Manajer Humas, Komunikasi, dan Administrasi Korporat PTBA Iko Gusman, Jumat (9/10).

Lomba kali ini menurut Iko Gusman ditujukan pada para jurnalis, generasi muda dan masyarakat umum yang berdomisili di Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Lahat. “Walau pun waktu perlombaan hanya tiga hari sejak 3 – 5 Oktober 2020, ternyata minat peserta cukup besar. Lomba tiga kategori ini memang diadakan pada waktu weekend, sehingga peserta benar – benar memiliki waktu luang mengekspresikan diri berkarya untuk dalam mengikuti lomba,” ujarnya.

Menurut staf humas dan komunikasi PTBA Muhamad Saman, lomba yang diselenggarakan sebagai bentuk ajakan PTBA kepada generasi muda untuk terus semangat dalam berkarya mengisi perjuangan pada masa sekarang tersebut diikuti lebih dari 100 peserta dari tiga kategori lomba.

Untuk lomba menulis bebas bagi para jurnalis diikuti 36 peserta, lomba foto 55 peserta dan lomba baca puisi via video diikuti 44 peserta. Untuk dewan juri menurut Iko Gusman melibatkan juri independen yang berkompeten dan pengalaman di bidangnya yang berasal dari luar PTBA.

Lihat Juga  Desa Pelakat Binaan PTBA Raih Trofi ProKlim Lestari 2020

Untuk lomba menulis bebas bagi jurnalis dewan juri dua jurnalis senior dengan kompetensi wartawan utama dari Dewan Pers yaitu Maspril Aries dan Aina Rumiyati Aziz mantan Kepala Biro Koran Sindo Palembang. Untuk juri lomba foto wartawan foto senior dari Bandung, Dudi Sugandi dan lomba puisi dua seniman dan sastrawan senior Sumatera Selatan (Sumsel) Jaid Saidi dan Anto Narasoma.

Menurut Muhamad Saman, “Untuk lomba menulis bebas bagi jurnalis, dewan juri hanya kami kirim copy naskah tanpa ada nama penulisnya. Ini dilakukan agar penilaian lebih objektif dan fair karena juri tidak mengetahui sama sekali siapa nama penulis dari karya yang dinilai.”

Dari 36 karya tulis jurnalis dari Muara Enim dan Lahat sebagai juara pertama tulisan berjudul ”Kobarkan Semangat Pancasila dari Diri dan Keluarga” penulis Aris Susilo. Juara kedua karya tulis berjudul ”Pancasila di era Pandemi, Berikut yang bisa dilakukan Generasi Millenial” penulis Heru Fachrozi. Juara ketiga tulisan berjudul “Sadar Sebelum Tersentak” penulis Edwinsah Satria dan juara favorit diraih Jumra Zafri dengan tulisan berjudul “Suka dan Dukaku.”

Untuk juara pertama menulis bebas bagi jurnalis tersebut mendapat hadiah uang tunai Rp5 juta. Juara kedua uang tunai Rp3 juta, juara ketiga uang tunai Rp2 juta dan juara favorit mendapat uang tunai Rp1 juta.

Lihat Juga  PTBA Kucurkan Beasiswa Bidiksiba Rp6,5 Miliar

Untuk lomba foto juara pertama Jaka Prima Putra dengan judul foto “Dimanapun dan Dalam apapun, Shalatlah.” Juara kedua Okie Hutri Satria judul foto “Lestarikan Wayang Palembang Demi Keberagaman Budaya Indonesia,” dan juara ketiga diraih  Ricky Permana Adhitiya judul karya foto “Kenang Jasa Pahlawan Perkuat Rasa Persatuan.”

Kategori lomba foto juga menetapkan enam orang juara favorit, yaitu Abdurahman Badri, Juanda, Budie Hermawan Putra, Paulus Wendi Saputra, Alan Teo Dinner dan Rendy Ferdian.

Pemenang lomba puisi, dua dewan juri sepakat menetapkan para  pemenang, juara pertama Ryan Putra Purnama dengan judul karya “Diantara Bentangan Sayap Garuda.” Juara kedua Shofiyyah Aini Janna dengan judul karya “Bait Cinta Untuk Pahlawan.” Juara ketiga Isti Segantari judul karya “Kesaktian Pancasila,” dan juara favorit “Raisya Alya Malika” judul puisi “Pahlawan Revolusi.”

“”Para juara masing – masing kategori lomba akan dihubungi panitia, dan akan diundang ke Humas PTBA untuk menerima hadiah beserta piagam,” kata Muhamad Saman. Untuk peserta yang belum berhasil panitia menyediakan souvenir sebagai bentuk kenang-kenangan dan BUMN tambang tersebut.

Pengumuman pemenang lihat di sini  https://www.facebook.com/426957084043663/posts/4435646009841397/

Editor : Maspril Aries

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close