Bisnis

Keren BUMDes di Muba Beromzet Rp15 Miliar Perbulan

EkbisNews.com, Sekayu – Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex, Selasa (17/11) meresmikan gedung Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mulyo Barokah di Desa Mulyo Asih, Kecamatan Keluang. Di tempat yang sama juga diresmikan Masjid Al Falah.

Dalam siaran pers yang diterima ekbisnews.com, Camat Keluang Debby Heryanto dalam laporannya menyampaikan, BUMDes di Mulyo Asih perkembangannya cukup pesa dan telah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan yang di wilayah kabupaten Muba.

BUMDes Mulyo Barokah bergerak dalam jenis usaha pemasok tandan buah sawit (TBS) khususnya dari kebun kelapa sawit milik warga Mulyo Asih dan warga desa lainnya di Kecamatan Keluang.

Menurut Camat Keluang, modal awal dari BUMDes Mulyo Barokah tahun 2016 berasal dari ADDK sebesar Rp5.000.000 kemudian Dana Desa (DD) tahun 2017 sebesar Rp3.681.000, DD tahun 2018 Rp125.130.000 dan DD tahun 2019 Rp200.000.000.

“Saat ini perputaran uang yang dikelola BUMDes Mulyo Barokah atau omzetnya sekitar Rp15 miliar perbulan. Dengan keberadaan BUMdes Mulyo Barokah ini banyak sekali manfaat yang didapatkan oleh masyarakat desa Mulyo Asih terutama dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Debby Heryanto.

Lihat Juga  BPDP Kelapa Sawit Dukung Pembangunan Pabrik IVO-CPO Muba

Debby juga menjelaskan, kesuksesan yang diraih BUMDes Mulyo Barokah  tidak lepas dari peran Pemerintah Kabupaten Muba terutama pemerintah desa khususnya kepala desa serta lembaga desa lainnya dan tokoh masyarakat.

Dalam kepengurusam BUMDes Mulyo Barokah, Pemerintah Desa Mulyo Asih merekrut dari kalangan generasi muda dari Desa Mulyo Asih dan pengurus BUMDes Mulyo Barokah rata-rata berusia 29 tahun. “Direktur BUMDes Sally Siswanto berumur 26 tahun,” ujar Camat Keluang Debby Heryanto.

Atas prestasi BUMDes Mulyo Barokah, Bupati Dodi Reza Alex mengapresiasi inisiasi dari masyarakat terutama generasi muda Desa Mulyo Asih. “Saya berharap BUMDes Mulyo Barokah Desa Mulyo Asih di Kecamatan Keluang dapat menjadi salah satu contoh BUMDes terbaik di Indonesia,” katanya.

Bupati Dodi Reza Alex mengharapkan ke depan BUMDes Mulyo Barokah bisa lebih maju tidak hanya sebagai pemasok TBS. “Ke depan kita ingin BUMDes Mulyo Barokah menjadi BUMDes pemilik pabrik kelapa sawit sendiri dan menjadi BUMDes pertama di Indonesia yang punya pabrik pengolahan kelapa sawit,” ujarnya seraya disambut tepuk tangan undangan yang hadir.

Lihat Juga  Ojol Asal Malaysia Bakal Saingi Gojek dan Grab di Indonesia

Dodi Reza Alex juga menyatakan,  sangat mendukung pembangunan Masjid Al Falah dari swadaya masyarakat. “Tahun depan Pemerintah Kabupaten Muba akan membangun pagar untuk Masjid Al Falah. Kepada warga saya minta agar selalu menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan masjid demi kelancaran jalannya pelayanan keagamaan di masjid,” pesannya.

Dalam acara peresmian yang juga dihadiri Kapolres Muba AKBP Erlin Tangjaya, Dandim 0401 Letkol Arh Faris Kurniawan, perwakilan Kajari Muba Abunawas, Sekretaris Daerah Muba Apriyadi dan tenaga ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Reza Zaini, Bupati Muba mengapresiasi komitmen dan deklarasi warga Kecamatan Keluang yang menyatakan stop buang air besar (BAB)  sembarangan dan mengharapkan terwujudnya sanitasi total pemberdayaan masyarakat di kecamatan tersebut.

Editor : Maspril Aries

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close