Traveling

Musi Banyuasin Tuan Rumah Pergelaran Malam API 2021

EkbisNews.com, Sekayu – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan PT Ayo Jalan Jalan kembali akan menggelar malam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021. Pelaksanaan malam API kali ini berbeda dengan kegiatan sebelumnya, akan berlangsung di luar Jawa, di Kabupaten Musi Banyuasin.

PT Ayo Jalan-jalan Indonesia berdasarkan surat Nomor : AJJ/ AD/ 015/ VI/ 2020 tanggal 2 Juni 2020 telah menetapkan even nasional tersebut berlangsung di Sekayu, Kabupaten Muba pada November 2021 dengan dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishunatama.

Dalam siaran pers Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Muba menjelaskan, Ketua TP PKK Muba Thia Yufada mewakili Bupati Muba telah memimpin rapat persiapan menuju tuan rumah Anugerah Pesona Indonesia 2021 bersama beberapa kepala perangkat daerah Muba.

Thia Yufada mengimbau agar organisasi perangkat daerah dapat melakukan persiapan dan merealisasikan kegiatan yang menjadi keunggulan untuk disumbangkan dalam pelaksanaan malam API 2021. “Kepada perangkat daerah yang sebagai leading sektor agar dapat memberikan alternatif pariwisata dengan city tour sebagai pemandu untuk mengajak tamu dari luar berkeliling Kota Sekayu. Kita harus melakukan persiapan mulai dari sekarang dalam menyambut kegiatan ini,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Muba M Fariz menjelaskan, API merupakan rangkaian kegiatan tahunan tingkat nasional sektor pariwisata yang diselenggarakan Kemenparekraf bekerjasama dengan PT Ayo Jalan-jalan Indonesia. “Penyelenggaraan ini juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama pemerintah daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerah masing-masing,” katanya.

Lihat Juga  Perempuan Muba Peduli Salurkan Bantuan Warga Terdampak Covid-19

Menurut Fariz, API sudah dilaksanakan sejak tahun 2016 berlangsung konsisten hingga 2019 lalu, dan kita akan menjadi tuan rumah ke dua diluar Pulau Jawa. “API 2020 ini direncanakan berlangsung di Balikpapan Kalimantan Timur, namun pelaksanaan diundur pada Februari 2021 karena Pandemi Covid-19,” ujarnya.

Muhammad Syafa’at CEO PT Ayo Jalan-jalan Indonesia sangat mengapresiasi Kabupaten Muba, siap menyelenggarakan malam puncak Anugerah Pesona Indonesia Ke-6 tahun 2021.

“Penyelenggaraan API sejak 2016 telah banyak memberikan dampak positif terhadap pengembangan pariwisata di Indonesia. Dengan keterlibatan Kabupaten Muba secara langsung dalam penyelenggaraan API 2021 menunjukkan pula bahwa Bupati Muba beserta jajarannya memberi perhatian khusus terhadap pentingnya pengembangan sektor pariwisata dan perekonomian daerah,” katanya.

CEO PT Ayo Jalan-jalan Indonesia berharap melalui momen penyelenggaraan API 2021 dapat meningkatkan juga mengangkat seluruh potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang dimiliki Kabupaten Musi Banyuasin.

Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Agustini Rahayu juga mengapresiasi Kabupaten Muba yang bersedia menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang API 2021.

Menurut Agustini Rahayu, selama masa pandemi Covid-19, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi sektor penghasil devisa yang paling terpukul. Saat ini destinasi wisata tidak bisa dibuka, berbagai usaha pariwisata dan ekonomi kreatif harus tutup, dan perekonomian melambat.

Lihat Juga  Warga kaget Lihat Bupati Muba Dodi Reza Alex Lepas Baju Lalu Mandi di Sungai Musi

“Tentunya kita harus yakin setelah pandemi ini berakhir, pariwisata dan ekonomi kreatif dapat kembali marak dan siap menyambut wisatawan baik nusantara dan mancanegara. Pariwisata Indonesia bukan hanya menyangkut kuantitas tapi juga kualitas baik dari destinasi, pekerja, industri, maupun produknya,” katanya.

Agustini Rahayu berharap melalui penyelenggaraan API 2021 bisa menjadi penyemangat daerah khususnya Kabupaten Musi Banyuasin untuk terus memajukan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Juara Umum API 2018

IG@irenecamelynsinaga

Pada penyelenggaran Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018, destinasi wisata di Sumatera Selatan (Sumsel) saat Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel dijabat Irene Camelyn pernah meraih gelar juara umum. Dari 18 kategori yang dilombakan, pariwisata Sumsel berhasil masuk nominasi dalam tujuh kategori.

Dari tujuh kategori tersebut seluruhnya berhasil meraih menjadi juara I dan II. Untuk juara I Sumsel berhasil kategori wisata halal terpopuler yaitu Alquran Al Akbar – Kota Palembang, kategori kampung adat terpopuler Kampung Al Munawwar – Kota Palembang dan juara I kategori wisata kreatif terpopuler yaitu Pelancu – Kabupaten Lahat.

Editor : Maspril Aries

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close