LifeStyle

Gerakan Literasi Muba Punya Pocadi

EkbisNews.com, Keluang – Ketua tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang juga Bunda Baca Muba Thia Yufada tiada henti terus mendorong dan menggerakkan literasi di daerahnya. Yang terbaru keberadaan Pocadi (Pojok Baca Digital) di Perpustakaan Desa Sumber Ilmu Desa Sidorejo Kecamatan Keluang.

Kamis (14/1) Bunda Baca Thia Yufada meresmikan Pocadi Perpustakaan Desa Sumber Ilmu Desa Sidorejo. Pocadi tersebut merupakan bantuan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang diterima Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba.

“Alhamdulilah berkat penghargaan yang diterima dari Perpustakaan Nasional, Perpustakaan Desa Sumber Ilmu Desa Sidorejo Kecamatan Keluang Kabupaten Muba mendapatkan bantuan Pocadi. Tentunya bukan tanpa alasan kita diberikan penghargaan. Selanjutnya tugas kita bagaimana memanfaatkan bantuan dengan sebaiknya sehingga mampu meningkatkan minat baca yang bisa mensejahterakan masyarakat,” kata Thia Yufada dalam sambutannya.

Menurut Bunda Baca Thia Yufada, Kabupaten Muba sudah terbiasa menjadi daerah berprestasi berkat inovasi-inovasi yang dihasilkan. “Prestasi ini harus dipertahankan, dengan demikian Kabupaten Muba akan mampu mengajak semua masyarakatnya untuk saling belajar satu sama lain.”

Lihat Juga  Kabupaten Muba Raih Rekor MURI untuk LKPD dan LHP Tercepat

Mantan host pada sebuah televisi swasta nasional juga berpesan, “Dari prestasi yang telah kita dicapai, benang merahnya adalah bagaimana perpustakaan desa telah berhasil menunjukkan kinerja yang sangat baik. Perpustakaan desa harus menunjukkan manfaat untuk kesejahteraan masyarakat, ini menjadi kebanggan kita bersama.”

Thia Yufada juga mendukung konsep bahwa perpustakaan tidak hanya untuk baca saja, namun begitu banyak kegiatan literasi yang bisa dilakukan sehingga memberikan manfaat begitu besar bagi kehidupan.

FOTO : Perpusdes Rumah Baca

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Yohanes Yubhar melaporkan, dengan adanya Pocadi maka kini dari membaca manual bisa menjadi digital. “Perpustakaan Muba pernah diundang Perpustakaan Nasional jadi narasumber pada Desember lalu. Artinya Muba telah jadi contoh di Indonesia, karena Muba sudah memiliki buku elektronik atau perpustakaan digital,” katanya.

Lihat Juga  Tim Gabungan Pemkab Muba Pindahkan Pasar Talang Jawe ke Pasar Randik

Menurut Yohanes, bantuan Pojok Baca Digital atau Pocadi  yang telah diterima dari pusat untuk Perpustakaan Desa Sumber Ilmu Desa Sidorejo Kecamatan Keluang berupa buku, karpet, televisi 43 inci, komputer tiga unit, peladen (server), tablet tiga unit dan seperangkat interior ruangan.

Kades Sidorejo Pujiono menyampaikan ucapan terimakasih kepada Perpustakaan Sumsel dan Dinas Perpustakaan Kabupaten Muba atas bantuan sehingga diresmikannya Pocadi. Semoga bantuan  bisa sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Sidorejo.

“Kami punya visi Perpustakaan Desa Sumber Ilmu Desa Sidorejo bukan hanya sebagai sumber ilmu tapi juga tempat rekreasi. Misi kami, pertama menumbuhkan minat baca masyarakat dari usia dini. Kedua menjadikan Perpustakaan yang nyaman, aman dan keraktif. Dan ketiga memberikan layanan prima dengan akses informasi yang mudah, serta meningkatkan peran serta dalam pemberdayaan masyarakat desa,” kata Pujiono.

Editor : Maspril Aries

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close