Syariah

DPRD Sumsel Siapkan Usulan Raperda Pesantren

EkbisNews.com, Palembang – Pasca disahkannya Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren, DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) merencanakan untuk mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pesantren.

Rencana tersebut disampaikan Ketua DPRD Provinsi Sumsel RA Anita Noeringhati di depan ratusan santri dan santriwati Pondok Pesantren (Ponpes) Aulia Cendekia, Senin (10/8). Anita Noeringhati yang datang ke Ponpes Aulia Cendekia dalam rangka milad ke-13 ponpes yang terletak di Talang Jambe, Palembang.

Dalam sambutannya Ketua DPRD Anita Noeringhati mengatakan, “Saat ini sedang dibahas untuk masuk Progam Legislasi Daerah atau Prolegda Rapaerda tentang Pesantren. Perda Pesantren ini akan memuat turunan-turunan UU No.18 Tahun 2019. Dengan adanya Perda tentang pesantren maka semakin ada penguatan terhadap Ponpes, terutama kepedulian pemerintah.”

Lihat Juga  DPRD Sumsel Puji Bupati Muba Tangani Pencegahan Covid-19

Menurut Anita, pada masa pandemi Covid-19 saat ini banyak ponpes yang mengalami kesulitan keuangan. “Diharapkan dengan adanya Perda tersebut, bisa jadi tanggungjawab pemerintah. Selama ini pesantren menerima bantuan hanya melalui hibah,” ujar Ketua DPRD Sumsel perempuan pertama.

Anggota DPRD dari Fraksi Partai Golkar tersebut menjelaskan, secara teknis belum tahu apakah dengan Perda Pesantren tersebut akan masuk kedalam kewenangan Dinas Pendidikan atau dinas lainnya, karena saat ini masih dalam pembahasan. “Kita belum tahu kisi-kisinya, dengan adanya Perda berarti di dalam tentu akan ada anggarannya. Pokoknya Perda Pesantren ini harus diwujudkan,” katanya.

Di depan pengasuh dan santri Ponpes Aulia Cendekia mengharapkan ponpes yang diasuh ustaz Hendra Zainuddin tersebut dapat menjadi ponpes rujukan bukan hanya untuk santri dan santriwati dari Sumsel, melainkan dari provinsi lain di Indonesia. “Setara dengan pesantren rujukan nasional lainnya seperti di pulau Jawa,” ujarnya.

Lihat Juga  Doa Santri Aulia Cendekia untuk Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati

Sementara itu menurut pengasuh Ponpes Aulia Cendekia ustaz Hendra Zainuddin, dalam rangkaian memperingati HUT ke-13, Ponpes Aulia Cendekia pada tahun ajaran baru mendatang akan menggratiskan biaya sekolah bagi anak yatim-piatu yang ada di Kelurahan Talang Jambe, Palembang.

Editor : Maspril Aries

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close