NASIONAL

Dampak Pandemi Covid-19 Mahasiswa Muba di Sudan Dapat Bantuan Dana

EkbisNews.com, Sekayu – Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak terhadap masyarakat di Indonesia. Di luar negeri, mahasiswa asal Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang tengah menempuh pendidikan di benua Afrika juga merasakan dampaknya. Delapan mahasiswa Muba harus bertahan di Republik Sudan karena negara tersebut memberlakukan lockdown.

Akibatnya delapan mahasiswa tersebut terpaksa bertahan di Sudan karena tidak bisa kembali ke Indonesia. Memperhatikan nasib para mahasiswa tersebut, Bupati Muba Dodi Reza Alex berinisiatif memberikan bantuan dana biayai hidup untuk mereka.

Dalam siaran pers Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Muba menyebutkan, Bupati Dodi Reza Alex melalui Baznas Muba mengucurkan bantuan sebesar Rp24 juta untuk meringankan beban delapan mahasiswa Muba yang tengah menjalani pendidikan di negara yang terletak di wilayah Afrika Utara tersebut.

Menurut Kepala Baznas Muba Lukmanul Hakim, selain para mahasiswa yang tengah belajar di luar negeri tersebut, Bupati Dodi Reza Alex telah memberikan perhatian kepada para mahasiswa dan dosen di Muba.

Lihat Juga  Sidang Promosi Doktor Dodi Reza Alex Dihadiri Ketua Ombudsman RI

“Khusus bantuan bagi mahasiswa Muba di Sudan tersebut sebelumnya melalui Kedutaan Besar Indonesia di Sudan mereka menyampaikan permintaan bantuan kepada Bupati Muba. Oleh Bupati melalui Sekda Muba permohonan diteruskan ke Baznas Muba dan langsung mentransfer bantuan dana sebesar Rp24 juta,” ujar Lukmanul Hakim.

Bantuan yang disalurkan melalui program Muba Cerdas tersebut, setiap mahasiswa akan mendapat bantuan sebesar Rp3.000.000. “Bantuan dana tersebut telah ditransfer ke rekening masing-masing mahasiswa yang disaksikan langsung orangtua mahasiwa yang berada di Muba,” kata Kepala Baznas Muba.

Lukmanul Hakim mengharapkan, semoga bantuan tersebut bisa meringankan biaya hidup mereka selama lockdown di Sudan dan mendoakan semoga para mahasiswa Muba di Sudan dalam keadaan sehat.

Lihat Juga  Muba 2020 Selenggarakan Pilkades Serentak di 65 Desa

Bupati Muba Dodi Reza Alex juga menitipkan pesan, semoga bantuan tersebut dimanfaatkan sebaik mungkin. “Jaga kesehatan, disiplin menerapkan protokol kesehatan selalu prioritas menjaga kebersihan dan melakukan pola hidup bersih dan sehat . Kami di Muba selalu mendoakan agar adik-adik di Sudan terhindar dari wabah Covid-19,” ujarnya.

Salah seorang mahasiswa Muba di Sudan, M Nelson Thomas mewakili rekan-rekannya dalam pesan melalui WA chat mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Pemkab Muba. “Terima kasih kepada Bupati Muba dan warga Muba atas bantuan dan doanya.”

Delapan mahasiswa Muba yang tengah berkuliah di Sudan tersebut adalah Nelson Thomas, Okta Ardiansyah, M Sobirin, Suhadi, Ariyandi, Indra Gunawan, M Riski Suryanto, dan Khabib Muslim.

Editor : Maspril Aries

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close