LifeStyle

Catatan Menteri Siti Nurbaya “Bangga Menjadi Anak Seorang Polisi”

EkbisNews.com, Jakarta – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Jumat (10/7) hadir di komplek Polri Munjul, Jakarta Timur dalam acara menyalurkan bantuan Presiden bagi masyarakat terdampak Covid-19. Kehadirannya di lingkungan Polri tersebut membuatnya teringat pada mendiang ayahnya Mohammad Bakar yang seorang purnawirawan polisi.

Kenangan tersebut dituangkan mantan Sekretaris Jendral Departemen Dalam Negeri dalam sebuah tulisan di laman media sosialnya. Berikut catatan kenangan yang ditulisnya :

“Hari ini kembali teringat sosok mendiang ayah saya, Mohammad Bakar saat bertemu keluarga besar Forum Komunikasi Putra Putri TNI Polri (FKPPI).

Dalam pertemuan ini saya mendampingi Pimpinan Pusat FKPPI untuk menyalurkan bantuan Presiden Joko Widodo berupa paket sembako.

Saat kegiatan inilah, saya teringat kembali masa kecil bersama ayah, sangat membanggakan dan membahagiakan menjadi bagian keluarga besar TNI/Polri.

Selalu melekat dalam ingatan saya, “Aku punya ayah, ayahku gagah perkasa,” seperti syair lagu Tety Kadi penyanyi terkenal era 1960-1970.

Lihat Juga  Tradisi "Ngobeng" Pupuk Nilai Persaudaraan

Ayah saya selalu menanamkan karakter yang kuat kepada kami anak-anaknya, disiplin, waspada, konsisten dan bertanggung jawab.

Ayah tidak pernah marah, tetapi mengajarkan anak memahami isyarat sehingga anak-anaknya bisa mengerti hal-hal yang bisa dilakukan dan dilarang.

Bahkan dengan isyarat melalui sorot mata tajam ayah dan kerlingan saja kami seketika langsung memahaminya. Jika ayah sudah melirik saja, kami tahu, itu pertanda ada sesuatu yang harus kami perhatikan dan mungkin ada yang salah kami lakukan.

Ayah saya sangat mengagumi Pak Hoegeng. Dialah sosok polisi yang menjadi idola karena Pak Hoegeng dikenal bersih, disiplin, sederhana, dan pengabdiannya yang besar untuk negara.

Ketika Bu Hoegeng dirawat di rumah sakit belakangan ini saya menjenguknya. Naluri saya membimbing saya menemui Ibu Hoegeng.

Ketika bertemu Ibu Hoegeng, seolah menjadi pengingat dan tanda bahwa saya selalu bersama ayah dalam perjalanan hidup ini.

Begitupun dengan sosok ibu saya. Ayah dan ibu dalam bayang-bayang selalu bersama dalam perjalanan karier dan hidup saya.

Saya percaya dan berharap semoga keluarga besar TNI-Polri ini terus menjaga kebersamaan sebagai modal dasar membangun bangsa, modal dasar bagi bangsa Indonesia untuk maju, sebab dalam keluarga besar FKPPI sudah sejak kecil di keluarga masing-masing ditanamkan berbagai hal yang baik dan karakter yang kuat.”

Editor : Maspril Aries

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close