Syariah

Bantuan Hukum Islam Gratis di Muba Gandeng APSI

EkbisNews.com, Palembang – Bantuan hukum gratis di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) sudah ada sejak lama. Sejak masa kepemimpinan Bupati Alex Noerdin, Pemerintah Kabupaten Muba telah memberikan bantuan hukum gratis kepada warga prasejahtera.

Kini 2020, Bupati Muba Dodi Reza Alex memperluas cakupan bantuan hukum gratis tersebut dengan memberikan bantuan Hukum Islam (HI) gratis kepada seluruh warga Muba. Untuk melaksanakan bantuan hukum gratis tersebut warga Muba akan mendapat pendampingan hukum Islam gratis dari advokat atau pengacara yang tergabung dalam Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI).

Atas kepedulian Bupati Muba tersebut Dewan Pengurus Pusat (DPP) APSI  menganugerahkan penghargaan kepada Bupati Dodi Reza Alex sebagai tokoh inisiator & pelopor bantuan hukum Islam gratis. Penghargaan diserahkan langsung Ketua Umum APSI Sutrisno pada pelantikan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Sumatera Selatan Periode 2020-2025, Kamis (3/9).

Menurut Sutrisno, sejak 15 tahun lalu Pemkab Muba dibawah kepemimpinan Bupati Alex Noerdin telah memberikan bantuan hukum gratis kepada warga prasejahtera di Muba, kemudian dibawah kepemimpinan Bupati Muba Dodi Reza Alex bantuan hukum gratis tersebut di-upgrade dengan bantuan Hukum Islam (HI) gratis kepada seluruh warga Muba.

Lihat Juga  Titus Bonai Berlabuh di Muba Babel United FC

“Dengan indikator tersebut dan berdasarkan fakta-fakta empiris, dengan ini DPP APSI menganugerahkan penghargaan kepada Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin sebagai Tokoh Inisiator Bantuan Hukum Islam Gratis untuk masyarakat Muba-Sumsel,” ujarnya.

Sutrisno mengatakan, gagasan Bupati Muba Dodi Reza Alex tersebut merupakan gagasan yang sangat positif dan mengedepankan kepentingan masyarakat di bidang Hukum Islam. “Apa yang sudah dilakukan Bupati Muba ini kiranya dapat menginspirasi  dan menjadi panutan kepala daerah lainnya di Indonesia.”

Sementara itu menurut Ketua DPW APSI Sumsel Amrullah, Bupati Muba Dodi Reza Alex bisa dikatakan hampir paripurna atas capaian prestasi yang diperoleh. “Kami merasa sangat pantas bisa turut memberikan penghargaan kepada Bupati Muba serta berkenan melibatkan beliau menjadi Dewan Penasehat DPW APSI Sumsel,” katanya.

Lihat Juga  15 Bidang Ilmu yang Harus Dikuasai Sebelum Menafsirkan AL-QUR”AN

Selain menerima penghargaan, Pemkab Muba menjadi pemerintah daerah  pertama di Sumsel bahkan Indonesia menjalin kerjasama dengan melakukan MoU bersama APSI Sumsel untuk memberikan pendampingan Hukum Islam gratis bagi warga Muba.

Bupati Muba Dodi Reza Alex dalam sambutanya menyampaikan terima kasih Atas penghargaan dan kepercayaan DPP APSI. Menurutnya, “Tahun ini alokasi dana yang kita siapkan sebesar Rp4 miliar untuk implementasi bantuan Hukum Islam gratis ini. Insya Allah tahun depan akan kita maksimalkan terus dengan bekerjasama bersama rekan-rekan APSI Sumsel.”

Dodi mengharapkan, apa yang sudah dilaksanakan Pemkab Muba tersebut dapat memberikan kontribusi positif untuk seluruh lapisan warga masyarakat Muba. “Prinsipnya saya akan terus berusaha maksimal untuk kebaikan warga Muba,” kata Bupati peraih gelar doktor dari Fisip Universitas Padjadjaran (Unpad).

Editor : Maspril Aries

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close