NASIONAL

Banjir Rob Landa Kawasan Wisata Pasir Padi Pangkalpinang

EkbisNews.com, Pangkalpinang – Gelombang tinggi yang terjadi di laut Selat Karimata telah memicu terjadi banjir rob pada beberapa kawasan di Pangkalpinang, ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Gelombang tinggi yang disertai hujan lebat sejak Selasa malam (12/1) mengakibatkan kawasan wisata pantai Pasir Padi yang berjarak sekitar 11 km dan pemukiman warga di kawasan itu dilanda banjir rob. Akibat banjir tersebut jalan aspal terkelupas dan badan jalan tergerus ombak laut.

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (kanan) mendatangi warga yang terkena banjir rob

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil, Rabu (13/1) meninjau langsung lokasi yang dilanda banjir rob tersebut. Wali Kota yang akrab disapa Molen tersebut, setelah mendarat di Bandara Depati Amir setelah menempuh penerbangan dari Palembang menghadiri RUPSLB Bank Sumsel Babel, langsung mendatangi kawasan Pasir Padi.

Lihat Juga  Kemendag Hapus Izin Impor Bawang Putih

Menurut Molen, gelombang laut kali ini lebih tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya. “Tahun ini ombaknya lebih tinggi mengakibat terjadi banjir rob dan membuat berapa fasilitas ada di sini terbawa air,” katanya.

“Dari data BMKG air pasang tinggi ini akan terjadi bulan Januari hingga Febuari. Pemerintah Kota Pangkalpinang segera melaksanakan koordinasi dengan seluruh OPD mengantisipasi banjir dan gelombang tinggi pada bulan tersebut,” ujar Molen.

Kepada warga Pangkalpinang yang bermukim di kawasan pesisir pantai dan dataran rendah untuk waspada. “Masyarakat harus waspada, jangan sampai terjadi kerugian seperti banjir tahun 2016 akibat air pasang tinggi,” pesannya.

Menurut Molen, pemerintah kota segera membentuk tim siaga yang bertugas melakukan persiapan dan pemantauan serta mempersiapkan  tempat-tempat pengusian, dapur umum dan alat berat.

Lihat Juga  Presiden Jokowi Minta Penyaluran BLT Dipercepat

Sementara itu dari data BPBD Kota Pangkalpinang, pemukiman warga di wilayah pesisir yang dilanda banjir rob di Kelurahan Pasir Putih Kampung Pelangi di Rt 006 Rw 002. Banjir terjadi karena air laut pasang sehingga saluran air dari darat akibat hujan tidak bisa mengalir ke lau t dan mengakibatkan rumah warga terendam air dengan ketinggian mencapai 30 cm. Terdata ada sekitar 70 rumah warga terendam banjir.

Editor : Maspril Aries

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close