LifeStyle

Ayo Makan Ikan untuk Jadi Generasi Sehat, Kuat dan Cerdas

Ekbisnews.com, Sekayu – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan anggota Komisi IV DPR melaksanakan sosialisasi Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan).

Dengan dihadiri Bupati Muba yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Apriyadi, sosialisasi Gemarikan yang berlangsung di auditorium Pemkab Muba, Rabu (22/7), mengusung tema “Makan Ikan, Sehat, Kuat, Cerdas, Ayo Makan Ikan Ayo Lawan COVID-19.”

Pada sosialisasi yang dihadiri Direktur Logistik KKP Innes Rahmania dan anggota Komisi IV DPR Renny Astuti, Sekda Apriyadi mengatakan, “Melalui sosialisasi Gemarikan akan dapat mendorong masyarakat untuk lebih banyak lagi mengkonsumsi ikan khususnya ikan air tawar yang banyak di daerah Musi Banyuasin.”

Menurut Apriyadi, “Melihat potensi yang ada di Sungai Musi, semoga dapat menjadi bahan pertimbangan untuk dialokasikan anggarannya untuk membantu program pemerintah agar dapat membudidayakan ikan air tawar.”

Lihat Juga  Dari MTQ Muba Cari Qori, Qoriah, Hafiz dan Hafiza Terbaik

Sekda Apriyadi menegaskan, “Memakan ikan tidak ada efek negatif secara terus menerus. Ikan adalah sumber protein yang sangat baik dan vitamin lainnya terkandung di dalam ikan. Juga salah satu yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita dalam menangkal virus Covid-19.”

Apriyadi juga mengingatkan agar maysarakat menjaga kelestarian ikan yang ada di Muba.”Taati imbauan dari pemerintah untuk tidak menangkapkan ikan dengan cara menyetrum ikan agar tidak merusak ekosistemnya dan kualitas ikannya,” pesannya.

Sementara itu anggota Komisi IV DPR Renny Astuty menyatakan, akan terus bersinergi dan mendorong pemerintah pusat dan daerah sebagai mitra kerja untuk memperkuat program pembangunan kelautan dan perikanan. Juga mendorong masyarakat harus dapat terus berinovasi memajukan usahanya sekaligus mendorong masyarakat lainnya untuk gemar makan ikan.

Lihat Juga  Ini Tiga Buku Baru Terbitan Bukit Asam

“Manfaat dan gizi dari memakan ikan begitu banyak yang memberikan manfaat bagi masyarakat. Apalagi Kabupaten Musi Banyuasin memiliki potensi ikan yang besar. Jadi, sangat bagus untuk mengembangkan produk-produk olahan ikan dari masyarakat serta melakukan budidaya ikan air tawar,” kata anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra.

Direktur Logistik Kementerian Kelautan Perikanan Innes Rahmania menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Muba yang telah memfasilitasi kegiatan safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

“Kebutuhan dari Pemkab Muba Insya Allah akan kami bantu melalui kementerian. Serta segala kebutuhan masyarakat untuk pengelolaan ikan menjadi produk yang berkualitas dan menjadi ciri khas dari Kabupaten Muba seperti kemplang, ikan asin, ikan salai dan lainnya. Untuk melakukan usaha ini harus bekerja secara kelompok agar dapat membantu sistem perekonomian masyarakat” katanya.

Editor : Maspril Aries

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close