Bisnis

Anggota DPR Alex Noerdin Bantu 10 Mesin Chopper untuk Petani Sumsel

EkbisNews.com, Palembang – Menggandeng Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Pusat Teknologi Produksi Pertanian anggota Komisi VII DPR Alex Noerdin menyalurkan bantuan chopper (mesin pencacah pakan ternak.

Bantuan diserahkan Alex Noerdin kepada petani yang dipusatkan di kawasan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Palembang yang di Talang Betutu dengan disaksikan Asisten I Pemerintah Kota Palembang Faizal  AR, M Nasir Rafiq mewakili Direktur Pusat Teknologi Produksi Pertanian, Biro Perencanaan BPPT, Husin Adam dan Ketua KTNA Kota Palembang M Adiansyah.

Dalam sambutannya Alex Noerdin mengatakan, “Bantuan program mesini chopper  merupakan salah satu inovasi dari pihak BPPT yang bekerjasama dengan komisi VII DPR. Saat ini ada sepuluh unit mesin pencacah pakan ternak dan satu buah mesin penggiling kopi yang disalurkan kepada petani di Sumsel.”

Lihat Juga  Nelayan Muba Mendapat 1036 Paket Konversi BBM ke BBG

Menurut Gubernur Sumsel dua periode (2008-2013 dan 2013-2018), 10 mesin chopper  tersebut disalurkan kepada petani di Sumsel, sebanyak empat unit untuk Sekolah Peternakan Rakyat Musi Banyuasin (Muba), lima unit untuk KTNA Kota Palembang serta satu unit lagi untuk Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya.

Kemudian satu unit mesin penggiling kopi yang merupakan inovasi dari BPPT disalurkan kepadad petani kopi di Sumsel. “Mesin penggiling kopi berikan kepada daerah penghasil kopi yaitu untuk kabupaten Empat Lawang. Ke depan, masih banyak lagi program bantuan yang akan kita salurkan kerjasama antara komisi VII DPR RI dengan Kemenristek/BRIN,” ujar Alex Noerdin.

Sementara itu Asisten I Pemerintah Kota Palembang Faizal AR menyampaikan bahwa saat ini kota Palembang sangat membutuhkan bantuan-bantuan dari pemerintah pusat terkait dengan pengambangan teknologi.

Lihat Juga  Gojek Gandeng Visa untuk Dorong Perkembangan Ekonomi Digital

“Masalah yang saat ini cukup berat dihadapi kota Palembang adalah penanggulangan sampah. Lebih dari seribu ton sampah setiap harinya yang ada di kota Palembang. Kita sebelumnya sudah melakukan program kerjasama dengan pihak Jerman untuk pengelolaan sampah menjadi energi listrik. Namun karena kondisi terkendala Covid-19 jadi saat ini terhenti. Kita akan melanjutkan program tersebut yang bekerjasama dengan pihak Cina,” katanya.

Bantuan mesin ­chopper dari anggota DPR Fraksi Partai Golkar menurut Faisal, diharapkan dapat lebih memudahkan dan mendorong upaya kota Palembang dalam melaksanakan program yang belum terlaksana.

“Kami sangat berterima kasih dengan adanya bantuan untuk KTNA Kota Palembang. Kami harap Alex Noerdin dapat mendorong juga program-program yang belum terlaksana di kota Palembang,” ujarnya.

Editor : Maspril Aries

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close