Energi

2021 Pemkab Muba Pasang 1.200 Lampu Jalan Tenaga Surya

EkbisNews.com, Lalan – Bupati Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex pada 2021 akan menuntaskan janjinya untuk mengatasi masalah listrik khususnya di wilayah Kecamatan Lalan.

Saat melakukan kunjungan kerja ke Lalan, Bupati Dodi Reza Alex melakukan Groundbreaking pembangunan penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) di halaman Kantor Camat Lalan, Selasa (29/9).

“Sesuai janji saya tahun 2019 menuntaskan masalah listrik di Muba, tahun 2021 akan bangun penerangan berupa lampu jalan tenaga surya sebanyak 1.200 unit. Juga akan akan bangun jalan sepanjang 38,7 kilometer,” kata Dodi Reza Alex didampingi Dandim 0401 Muba Letkol Arh Faris Kurniawan, Kapolres Muba AKBP Erlin Tangjaya, anggota DPRD Muba Iwan Aldes dan Sekretaris Daerah Muba Apriyadi serta Kepala OPD Muba dan Camat Lalan Andi Suharto.

Menurut Dodi, Kabupaten Musi Banyuasin mendapatkan alokasi sekitar 5.000 unit PLJ-TS dan kemungkinan ada penambahan lagi. Untuk Kecamatan Lalan mendapat 1.200 titik PLJ- TS yang akan dipasang pada jalan poros yang akan dibangun termasuk di desa-desa sekitarnya sehingga bisa menambah penerangan malam hari.

Lihat Juga  Jadi Tuan Rumah, Muba Siap Sukseskan Liga 3 Provinsi Sumatera Selatan

“Kenapa penerangan jalan tenaga surya yang dibangun di Lalan? Karena di sini untuk sumber energi panas matahari sangat baik untuk diserap dengan solar panel sehingga dari sisi efisiensi energi juga bisa sangat terbantu,” ujar Bupati Muba.

Sementara itu menurut Direktur Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Muba Elektrik Power (MEP) Augie Bunyamin, Kabupaten Musi Banyuasin dibawah kepemimpinan Bupati Dodi Reza Alex Noerdin berhasil mendapatkan hibah untuk penerangan jalan umum tenaga surya. “Kabupaten Muba mendapatkan 1.200 unit lampu jalan tenaga surya atau matahari, dan diperuntukkan bagi Kecamatan Lalan,” ujarnya.

Augie Bunyamin menjelaskan, PLJ- TS bantuan pemerintah pusat adalah dukungan terhadap program Bupati Muba untuk mewujudkan Muba terang benderang. “Dengan bantuan lampu jalan ini nantinya warga Lalan tidak was was lagi kalau keluar malam hari,” kata mantan Direktur PD Swarna Dwipa.

Untuk pembangunan jalan poros 38,7 kilometer menurut Bupati Dodi Reza Alex dari P 20 Desa Suka Makmur sampai Karang Makmur Primer, Pemerintah Kabupaten Muba pada APBD 2021 mengalokasikan anggaran sebesar Rp15 miliar.

Lihat Juga  “Ikan Mabuk” Tiga Dinas Pantau dan Teliti Sungai Musi

“Insya Allah tahun depan dianggarkan dan akan menjadi yang pertama kali satu-satunya jalan poros yang dibangun di Kecamatan Lalan yang sudah puluhan tahun mendambakan adanya akses yang lebih cepat untuk mengeluarkan hasil komoditas mereka ke daerah-daerah sekitar, khususnya di Palembang dan Sungai Lilin,” kata bupati peraih gelar doktor dari Fisip Universitas Padjadjaran.

Terhadap rencana pembangunan jalan poros tersebut, tokoh masyarakat Kecamatan Lalan Akrom menyampaikan terima kasih kepada Bupati Muba Dodi Reza. “Pada masa kepemimpinan Alex Noerdin dan Dodi Reza inilah kami warga masyarakat Lalan dapat menikmati pembangunan yang sangat maksimal,” katanya.

Menurut Akrom, pembangunan Kabupaten Muba pada  masa Bupati Dodi Reza Alexsangat merata sampai ke daerah pelosok. “Terima kasih Bupati Dodi Reza, warga Lalan siap berkontribusi maksimal mewujudkan Muba Maju Berjaya tahun 2022,” ujarnya.

Editor : Maspril Aries

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close