NASIONAL

Bupati Dodi Reza Alex Bicara di COP 25 Madrid

EkbisNews.com, Madrid — Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex tampil berbicara pada forum internasional bergengsi yang membahas tentang perubahan iklim KTT Perubahan Iklim 2019 – The UN Climate Change Conference COP (Conference of the Parties) 25 yang berlangsung di Madrid, Spanyol, 2 – 13 Desember 2019.

Pada KTT Perubahan Iklim 2019 tersebut delegasi Indonesia dipimpin Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong. Bupati Dodi Reza Alex berkesempatan tampil pada Kamis (5/12) pukul 16.40 waktu Spanyol. Di paviliun Indonesia Bupati Muba berbicara tentang implementasi kegiatan pengelolaan lanskap berbasis hutan.

Dodi tampil pada sesi Partnership in Sustainable Landscape Management in South Sumatra as A Model for Climate Change dengan menampilkan beberapa praktek keberhasilan yang baik (best management practice) tentang pembangunan hijau dan energi terbarukan di Kabupaten Musi Banyuasin.

“Musi Banyuasin sebagai kabupaten pertama di Sumatera Selatan bahkan di Indonesia yang mengimplementasikan pembangunan hijau,” kata Bupati yang dalam visi dan misi memimpin Muba mencatumkan tentang pembangunan pertumbuhan hijau atau green growth development.

Lihat Juga  Advokat Muda Peradi Palembang Ikut Pelatihan Advokat Menulis

Sementara itu di tingkat nasional bersama beberapa kabupaten di Indonesia Dodi Reza Alex memprakarsai membangun jejaring Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) dan menjadi ketua pertama LTKL.

Dalam paparannya Dodi menjelaskan bahwa di kabupaten Musi Banyusin mempunyai sumberdaya hutan yang harus dilindungi sebagai aset dunia yang menjadi kepedulian internasional yakni Kawasan Gambut Merang, Hutan Suaka Marga Dangku, dan Taman Nasional Berbak Sembilang yang berada di tiga kabupaten yakni Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur Jambi. “Di Musi Banyuasin terdapat juga kawasan hutan tropis yang masih lestari di Kawasan Meranti Bayunglencir.,” ujarnya.

Keikutsertaan kandidat doktor administrasi publik dari Universitas Padjajaran tersebut pada KTT Perubahan Iklim merupakan yang kedua kali. Sebelumnya Dodi Reza Alex juga hadir dan tampil sebagai pembicara pada KTT 2018 COP 24 di Katowice, Polandia.

Lihat Juga  PLN Putus Aliran Listrik Kantor Bupati Gorontalo Utara, Kenapa?

Sejak berlangsungnya KTT Perubahan Iklim atau COP 1 di Berlin, Jerman pada 1995 sampai COP 25 di Madrid, Spanyol delegasi Indonesia selalu ikut serta. Selama KTT Perubahan Iklim atau COP berlangsung baru ada tiga tokoh atau nara sumber yang hadir berasal dari Sumsel.

Pertama Alex Noerdin Gubernur Sumsel berbicara pada COP 21 – 2015 yang berlangsung di Paris, Perancis, kemudian Komandan Korem 044/ Garuda Dempo Kol Inf Kunto Arief Wibowo yang menjadi pembicara pada COP 22 – 2016 yang berlangsung di Marrakesh, Maroko. Ketiga Dodi Reza Alex Bupati Muba yang menjadi pembicara pada COP 24 – 2018 di Katowice, Polandia dan COP 25 – 2019 di Madrid, Spanyol.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker