LifeStyle

Workshop Humas BPK Perwakilan Sumsel Gandeng PWI Sumsel

EksbisNews.com, Palembang — Menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Bagian Hubungan Hasyarakat (Humas) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Selatan, Selasa (2/12) menyelenggarakan Workshop Penulisan Berita.

Workshop yang diikuti staf BPK Sumsel tersebut dibuka Kepala Sekretariat BPK Perwakilan Sumsel Rosana Amiranti. Pada Workshop bertema “Berbagi Informasi dalam Kata” Rosana mengharapkan staf BPK setelah mengikuti workshop bisa menulis informasi atau siaran pers dengan baik dan menyampaikan dengan kemasan menarik.

Pada workshop tersebut PWI Sumsel menghadirkan nara sumber Ketua PWI Firdaus Komar dan Ketua Seksi Pendidikan Maspril Aries yang memaparkan materi tentang berita dan kiat penulisan berita serta humas dan siaran pers.

Lihat Juga  Mitos Berolahraga Saat Berpuasa yang Tidak harus Kamu Percaya

Menurut Firdaus Komar, dalam pencarian dan penulisan berita ada ada beberapa tahapan, dari perencanaan, proses produksi, dan distribusi. “Hal yang paling utama adalah kita menulis yang perlu dikuasai adalah data, penguasaan bahasa, dan memenuhi unsur 5 W dan 1 H dan piramida terbalik.”

Sementara itu Maspril Aries menyampaikan materi tentang Mempersiapkan dan Menulis Siaran Pers. Menurutnya, Pada dasarnya press release atau siaran pers adalah sebuah berita. “Tetap ada perbedaan antara press release dan berita. Press release memiliki tujuan-tujuan tertentu, dibuat sebuah organisasi humas atau divisi public relation dengan tujuan tertentu.”

Selain penyampaian materi, peserta juga harus menulis siaran pers dari acara workshop satu hari yang berlangsung di aula BPK Perwakilan Sumsel. Serta membedah tampilan serta isi website BPK Sumsel.

Lihat Juga  Nikah Massal, Ratusan Pasutri Diarak dari Balai Kota Palembang

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker