Bisnis

Musim Tanam 2020 Stok Pupuk Bersubsidi PT Pusri Aman

EkbisNews.com, Palembang — Musim tanam 2020 segera tiba, petani butuh pupuk. Untuk memenuhi kebutuhan pupuk bersubsidi tersebut PT Pusri siapkan stok.

Hernawan L Sjamsuddin Manajer Humas Anton Sujatmoko Manajer Pemasaran PT Pusri, Jumat (29/11) menjelaskan tentang kesiapan BUMN pupuk tertua di Indonesia memenuhi kebutuhan pupuk bersubsidi bagi petani yang menjadi tanggung jawab Pusri.

“PT Pusri memastikan penyaluran pupuk bersubsidi saat musim tanam aman. Pusri berkomitmen menjamin ketersediaan stok pupuk bersubsidi dan mencegah terjadinya penyimpangan dalam penyaluran pupuk bersubsidi,” kata Hernawan.

Anton Sujatmoko menjelaskan, dalam penyaluran pupuk bersubsidi PT Pusri berpedoman dengan aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah yaitu untuk kegiatan distribusi atau pengadaan berpedoman pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 15 Tahun 2013 tentang Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi untuk Sektor Pertanian. “Untuk penyaluran dan harga eceran tertinggi berpedoman pada Peraturan Menteri Pertanian,” ujarnya.

Lihat Juga  Kilang Balongan Dipercepat dengan Skema Kontrak DFC

Menurut Hernawan yang akan purna bakti sejak 1 Desember 2019, PT Pusri Palembang yang juga anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (PI) bertanggung jawab dalam mendukung kedaulatan pangan nasional.

“Pada 2019 Pusri mendapat alokasi kebutuhan sesuai Peraturan Menteri Pertanian untuk pupuk Urea Bersubsidi sebanyak 1.146.670 juta ton/tahun dan pupuk NPK Bersubsidi sebesar 72.205 ton/tahun. Sampai dengan tanggal 27 November 2019, realisasi penyaluran untuk pupuk Urea Bersubsidi sebanyak 1.017.329 ton atau 89 persen dan NPK bersubsidi sebanyak 70.098 ton atau 97%,” kata Anton Sujatmoko.

Untuk penyaluran pupuk urea bersubsidi, PT Pusri bertanggung jawab untuk menyalurkan ke Provinsi Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Kalimantan Barat. Sedangkan untuk pupuk NPK bersubsidi, PT Pusri bertanggung jawab di wilayah Sumatera Selatan (sebanyak 11 kabupaten dan kota) serta Jambi (di 4 kabupaten dan kota).

Lihat Juga  karhutla Ikut 'Bakar' Saham Perusahaan Sawit

Menurut Anton Sujatmoko, PT Pusri pada musim tanam I bulan Oktober 2019 – Maret 2020, Pusri pada awal Bulan November telah menyiapkan stok pupuk di Lini III kabupaten wilayah tanggung jawab untuk pupuk urea bersubsidi sebanyak 166.766 ton dan pupuk NPK bersubsidi sebanyak 6.795 ton. Jumlah ini 3 (tiga) kali lipat lebih banyak untuk urea bersubsidi dan 2 (dua) kali lipat lebih banyak untuk NPK bersubsidi dari ketentuan yang dipersyaratkan Pemerintah (Urea : 55.333 ton dan NPK : 3.557 ton).

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker