Otomotif

Pentingkah Memanaskan Mesin Mobil Sebelum Dipakai?

EkbisNews.com — Memanaskan mobil menjadi kegiatan yang penting dilakukan sebelum memulai aktivitas. Tujuan memanaskan mesin mobil untuk melancarkan sirkulasi oli dalam mesin. Selain itu, supaya mesin bisa bekerja dalam suhu optimalnya.

Tapi kebiasaan ini apakah masih perlu dilakukan? Mengingat mobil-mobil sekarang sudah makin maju teknologinya, sehingga bisa langsung digas meski kondisi mesin dingin.

Melansir laman suzuki.co.id, kegiatan memanaskan mobil tidak perlu dilakukan setiap hari. Apalagi jika dijadikan kebiasaan.

Mesin-mesin mobil saat ini pun mayoritas sudah dibekali teknologi fuel-injection, jadi ECU-nya dengan mudah akan menyesuaikan walaupun sedang berada di tempat dengan suhu bawah 0 derajat celcius sekalipun.

Selain itu, saat memanaskan mesin tidak harus dilakukan dalam waktu lama, cukup 2-3 menit saja.

Lihat Juga  Motor Listrik Vespa Segera Hadir di Indonesia

Untuk diketahui, oli mesin yang dingin memang menyusut secara jumlah (volume). Namun dengan catatan mobil itu didiamkan dalam waktu yang lama.

Sementara jika mobil dipakai untuk kegiatan sehari-hari tidak perlu memanaskannya secara berlebihan, karena itu justru bisa berisiko membuat bensin merembes ke oli, sehingga sifat pelumas minyak menjadi rusak. Ini justru akan berisiko meningkatkan keausan pada mobil.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker