NASIONAL

Wapres Jusuf Kalla akan Launching Minyak Goreng Sehat di Muba

EkbisNews.com, Sekayu — Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Sekretariat Wakil Presiden RI bertemu Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin.

Pada pertemuan dengan Bupati Dodi Reza Alex, Senin (10/9) Ari Chandra dari Tim komunikasi TNP2K menjelaskan rencana peluncuran Posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) dan edukasi penggunaan minyak goreng sehat.

“Direncanakan peluncuran pada Oktober mendatang. Kami berencana akan menghadirkan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla untuk meresmikannya,” kata Ari Chandra,

Menurut Tim Komunikasi TNP2K Ari Chandra, Kabupaten Muba memiliki kelapa sawit yang berkualitas dan bisa diolah menjadi minyak goreng. Penggunaan minyak goreng berbahan sawit diyakini mampu menekan resiko berbagai penyakit.

“Muba dipilih sawitnya karena usulan dari Badan Pengelola Perkebunan Kelapa Sawit, kualitas sawit di sini bagus dan bisa dicontoh daerah lain. Ini alasan Muba akan ditunjuk sebagai sebagai tempat peluncuran Posbindu PTM untuk wilayah Sumsel,” ujarnya.

Lihat Juga  OJK Prediksi Tahun 2020 Kredit Tumbuh 14 persen

Ari Chandra juga menjelaskan, Kabupaten Muba merupakan daerah pilot project replanting atau peremajaan perkebunan kelapa sawit pertama di Indonesia pada 2017 yang diresmikan Presiden Joko Widodo. “Kami sangat yakin Muba ini mampu menjadi daerah penghasil kelapa sawit yang sehat dan mampu menekan angka kemiskinan,” katanya.

Menurut Ari Chandra, prevalensi penyakit tidak menular seperti diabetes dan hipertensi terus mengalami peningkatan dan menjadi beban utama pembiayaan kesehatan. Perilaku hidup tidak sehat masyarakat juga disebabkan penggunaan minyak goreng yang tidak sehat.

“Upaya promosi kesehatan dan pencegahan penyakit merupakan kunci utama dalam mengatasi masalah tersebut agar masyarakat dapat memahami dan menjalankan perilaku hidup sehat,” ujarnya.

Lihat Juga  Pengemudi Keluhkan Tarif Murah, Kemenhub akan Panggil Gojek

Bupati Muba Dodi Reza Alex menyambut baik rencana dari TNP2K Sekretariat Wakil Presiden untuk melakukan peluncuran minyak goreng sehat dan Posbindu PTM di Muba. “Acara ini merupakan satu siklus berkesinambungan. Pertama Presiden Joko Widodo yang menanam sawit replanting. Kemudian Wapres Jusuf Kalla bisa melihat hasil suistanable berupa hasil olahan kelapa sawit menjadi minyak goreng yang sehat,” katanya.

Menurut Dodi hasil olahan kelapa sawit menjadi minyak goreng sehat di Muba merupakan bagian program hilirisasi kelapa sawit. “Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin akan mendukung kegiatan ini demi kebaikan masyarakat Indonesia khususnya Muba,” ujarnya.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker