Syariah

Pemkot Palembang ingin Zakat ASN 100 Persen

EkbisNews, Palembang — Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang ingin penerimaan zakat profesi dari Aparat Sipil Nasional (ASN) melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat bisa optimal.

Keinginan tersebut terungkap dari Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Palembang Ratu Dewa pada kegiatan Syiar Islam “Kebangkitan Zakat Menyongsong Emas Darussalam 2023,” Selasa (10/9). Di hadapan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Palembang Ratu Dewa mengatakan, “Pemerintah kota menginginkan optimalisasi zakat penerimaan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional bagi Aparatur Sipil Negara Kota Palembang.”

Menurutnya, di lingkungan Pemkot Palembang ada sekitar 15.000 ASN yang merupakan obyek potensial zakat. Untuk optimalisasi penerimaan zakat ASN Pemerintah Kota Palembang akan berada pada baris terdepan.

Lihat Juga  Minta Turun Hujan, Jamaah Masjid Agung Palembang Gelar Sholat Istisqo
Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Palembang Ratu Dewa pada kegiatan Syiar Islam “Kebangkitan Zakat Menyongsong Emas Darussalam 2023,” Selasa (10/9).

“Optimalisasi zakat di kalangan ASN di Palembang dapat mencapai 100 persen. Membayar zakat adalah panggilan kewajiban bagi umat Islam yang harus digerakkan untuk kebangkitan zakat serta pemberdayaan ekonomi umat. Akan ada sanksi bagi ASN yang tidak menyalurkan zakatnya melalui Baznas,” katanya.

Sementara Ketua Baznas Kota Palembang Saim Marhadan menjelaskan, melalui kegiatan syiar Islam dengan tema Kebangkitan Zakat Menyongsong Palembang Emas Darussalam 2023 terselenggara untuk menyemarakan bulan Muharram 1441 H.

Sebelumnya awal 2019 Baznas Kota Palembang telah mencanangkan target penerimaan zakat dari aparatur sipil negara Pemkot Palembang sebesar Rp 300 juta per bulannya hanya terealisasi sebesar Rp 160 juta tiap bulannya. Pemerintah Kota Palembang sendiri telah mengharuskan zakat bagi ASN dengan penghasilan Rp3,4 juta ke atas sebesar 2,5 persen. Bagi ASN dengan penghasilan di bawah Rp 3,4 juta membayar infak seikhlasnya. Pemotongan gaji ASN untuk zakat di Pemkot Palembang sudah diterapkan sejak 2013.

Lihat Juga  Pertamina, PTBA, dan Air Products Bentuk Joint Venture Gasifikasi Batu Bara

Editor : Maspril Aries

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker