Syariah

Al Furqon “ Membangun” Pusat Kajian Belajar Al Quran

EkbisNews.com, Palembang — Dalam rangka mengajak dan  meningkatkan pemahaman Al-Qur’an bagi masyarakat,  Yayasan Dakwah dan Pendidikan Al Furqon Palembang membuka kelas belajar ilmu Al-Qur’an (tadabbur Al-Qur’an) yang diperuntukan bagi masyarakat umum untuk bekal mencapai kebahagiaan hidup dunia dan akhirat..

Ketua yayasan Dakwah dan Pendidikan Alfurqon,H Djuliar Rasyid dalam kesempatannya menceritakan bahwa, terbentuknya kelas belajar ini bermula dari kajian rutin setiap pekan yang di rasa sangat memerlukan kelas khusus guna memperdalam makna, hukum,  hikmah serta bacaan Al Quran yang benar secara syariat. Oleh sebab itu maka, dirinya bersama Yayasan Dakwah dan Pendidikan Al Furqon menilai jika dengan terbentuknya kelas belajar Al Quran ini sangatlah penting untuk Umat dalam mengarungi bahtera kehidupan agar tidak tersesat dan jauh dari nilai-nilai yang seharusnya.

“  Al Quran itu petunjuk bagi kita. Al Quran itu obat, penyegar hati. Jadi jika kita resah, takut, gundah gulana maka Al Quran adalah jawabannya. Jadi jangan pernah takut, jika kita berpegang padanya maka, Insya Allah hidup akan terasa mudah dan indah,” tuturnya.

Di damping H. Emil Rosmali sebagai Direktur Yayasan Dakwah dan Pendidikan Al Furqon, H Djuliar Rasyid juga berharap agar dengan adanya kelas belajar Al Quran ini, Al Furqon tidak hanya bergerak sebagai Sekolah Islam Terpadu (SIT) bagi anak-anak melainkan juga dapat menjadi pusat kajian belajar Al Quran bagi umat di Palembang pada khususnya dan Sumatera Selatan (Sumsel) pada umumnya.

Lihat Juga  Dodi Reza Alex dan Keluarga Berbagi Zakat Mal

Sementara itu, H Emil Rosmali mengatakan bahwa, dengan belajar membaca Al quran, memahami serta menjalankan apa yang tersyirat dan tersyurat di dalamNya maka, sudah dapat dipastikan kita adalah orang-orang yang beruntung.

“ Alhamdulillah, hari ini Jumat ( 6/9/19) Sekolah belajar Al Quran resmi dibuka. Mudahan-mudahan di pekan selanjutnya kita dapat saling berbagi ilmu dan pemahaman tentang isi Al Quran. Lagipun Sekolah belajar ini kan di isi oleh orang-orang yang memang berkecimpung di bidangnya. Ada Ustadz Beni, Ustadz Haris, Ustadz Madi . Saya berharap dengan adanya kelas belajar ini, apa yang kita lakukan dan kita syiarkan dapat menarik lebih banyak umat untuk dapat belajar bersama.

“ Nanti Insya Allah, kelas belajar kita tidak hanya disini, bisa nanti di ballyroom hotel, masjid bahkan di Gedung belakang. Saya berharap, kegiatan syiar kita ini dapat menyentuh orang lain. Karena mengajak orang untuk berbuat kebaikan adalah suatu kewajiban,” ungkapnya,

Lihat Juga  Minta Turun Hujan, Ratusan Umat Muslim di Palembang menunaikan Salat Istisqa

Cak Nurhadi yang turut hadir dalam acara perdana ini juga menyampaikan beberapa poin penting terkait Al Quran sebagai bagian Palsafah Pancasila. Menurutnya, apa yang terkandung dalam Al Quran di adopsi ke dalam setiap butir-butir Pancasila seperti butir Ketuhanan Yang Maha Esa, Persatuan dan Kesatuan, hubungan antara mahluk termasuk di dalamnya manusia, serta  berkeadilan .

“ Kalau kita mau jujur ya, Pancasila itu jelas kandunganya Al Quran. Kalua tidak percaya, bisa dibuktikan dari ayat ke ayat dalam setiap surat di Al Quran ,” tambahnya lagi.

Untuk diketahui, kelas belajar Al Quran ini di buka untuk umum setiap Jumat pagi pukul 08:00 wib hingga selesai. Acara ini  di isi oleh H Bangun Lubis sebagai kepala sekolah,  dan para tenaga pengajar Beni Subandri ,  Haris Ridho dan Madi Apriadi serta para peserta yang berasal dari umum dan guru Alfurqon Palembang.

 

Sumber : Assajidin.com

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker