Bisnis

APP Sinar Mas Lepas Lahan untuk Program TORA

EkbisNews.com, Pontianak — Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas dan seluruh mitra pemasoknya secara resmi menyerahkan lebih dari 50.000 hektare lahan Hutan Tanaman Industri (HTI) kepada pemerintah pada acara Redistribusi Tanah Hutan untuk Rakyat atau Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) di Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Kamis (5/9).

APP Sinar Mas dan seluruh mitra pemasoknya akan melepaskan sebagian lahan konsesi perusahaan secara bertahap sesuai koridor regulasi untuk redistribusi dan sepenuhnya dikelola oleh pemerintah. Pelepasan lahan konsesi tersebut sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap realisasi target penyediaan TORA dari pelepasan kawasan hutan seluas 4,1 juta hektare.

Penyerahan lahan yang ditandai penyerahan SK biru Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) dan sertifikat tanah kepada masyarakat se-Kalimantan di Pontianak, Kalimantan Barat. Penyerahan dilakukan Presiden Joko Widodo yang didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

Lihat Juga  Berkah Bagi Pedagang di Acara SSMRSF 2019

Menurut Menteri Siti Nurbaya, Tanah Objek Reforma Agraria adalah program bersama dengan Perhutanan Sosial dan Hutan Adat. Program-program ini sangat penting untuk pemerintah, sebagai jaminan masyarakat mempunyai ruang dan akses untuk kehidupan yang lebih baik. “Dengan bersinergi antara pemerintah, masyarakat, LSM, dan dunia usaha, diharapkan kita bisa mendapat hasil yang semakin baik,” katanya.

Pada kesempatan itu Menteri Koordinator Perekonominan Republik Indonesia Darmin Nasution menjelaskan bahwa reforma agraria akan membantu pemerintah menciptakan struktur kepemilikan lahan yang lebih adil di Indonesia.

“Melalui Peraturan Presiden nomor 86 tahun 2018 tentang reforma agraria dan Peraturan Presiden nomor 88 tahun 2017 tentang PPTK, pemerintah menata ketimpangan struktur pemilikan tanah dan penguasaan tanah sehingga menjadi lebih berkeadilan,” kata Darmin Nasution.

Lihat Juga  Pengembangan Hilirisasi, Antam Gandeng Dua Industri Cina

Hingga saat ini menurut Darmin Nasution, sekitar 2,6 juta hektare atau 63 persen dari kawasan hutan seluas dari target untuk TORA telah diselesaikan. Tanah yang dialokasikan untuk TORA ini nantinya akan dijadikan pemukiman transmigrasi, pencetakan sawah baru, lahan garapan, dan lain-lain.

Sementara itu menurut Managing Director Sinar Mas Saleh Husin pihaknya mengapresiasi dan mendukung upaya pemerintah merealisasikan program TORA, terutama sebagai salah satu solusi pemerataan ekonomi rakyat sekaligus penyelesaian konflik lahan di Indonesia.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker