MARKET

Musim Kemarau Berdampak ke Penjualaan Sepeda Motor

EkbisNews.com Jateng – Penjualan motor dan kekeringan ternyata memiliki kaitan. Panen yang kurang maksimal akibat kekeringan mempengaruhi pembelian motor.

Penjualan motor Honda pada Juli 2019 ini menurun 7 persen dibanding bulan Juli tahun 2018 lalu. Kepala Wilayah Astra Motor Jateng, Ronaldo Wijaja mengatakan semester pertama tahun ini penjualan bagus, tapi masuk semester dua mulai berpengaruh akibat kekeringan.

“Beberapa hari lalu saya ke Tegal. Beberapa sawah mengalami gagal panen. Ini yang menyebabkan turunnya daya beli masyarakat dan berimbas kepada penjualan sepeda motor. Kita tahu agribisnis di Jateng sangat mempengaruhi perekonomian warga,” kata Ronaldo, Jumat (23/8/2019).

Pada periode bulan Januari hingga Juli 2018 ada 329.032 unit sepeda motor Honda terjual Jawa Tengah, sedangkan tahun ini pada periode yang sama terjual 304.154 unit. Meski demikian Ronaldo menyebut market share motor Honda di Jateng mencapai 88,9 persen hingga bulan Juli.

Lihat Juga  Toyota Indonesia Sebut Ekspornya Anjlok Enam persen

“Jawa Tengah memang merupakan pasar yang sangat bagus untuk penjualan sepeda motor Honda. Karena masyarakat Jawa Tengah akan sepeda motor Honda terus mengalami tren yang positif,” pungkasnya dikutip dari detik.com

Untuk diketahui, jenis sepeda motor Honda paling laris di Jawa Tengah yaitu matic dengan kontribusi 94 persen kemudian jenis sport 3,5 persen dan jenis cub atau bebek 3 persen.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker