NASIONAL

Keren di Muba Pembagian Daging Kurban Gunakan Daun Pisang

EkbisNews.com, Sekayu — Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Nomor SE.2/ PSLB3/ PS/ PLB.0/ 7/ 2019 tentang pembagian daging kurban tanpa kantong plastik, Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex menerbitkan surat pembagian daging kurban dengan tidak menggunakan kantong plastik.

Surat edaran Bupati Muba tersebut langsung mendapat respon, pada beberapa tempat pemotongan hewan kurban Idul Adha 1440 H, Ahad (11/8) untuk pembagian daging hewan kurban mulai banyak yang tidak menggunakan kantong plastik.

Salah satunya di lingkungan kantor Camat Bayung Lencir, di situ pembagian daging hewan kurban menggunakan bungkus daun pisang. “Kami pada Idul Adha 2019 memotong tiga ekor sapi kurban. Daging kurban langsung dibagikan kepada warga kurang mampu dan keluarga pegawai kecamatan dengan menggunakan daun pisang sebagai wadahnya,” kata Camat Bayung Lencir Akhmad Toyibir.

Lihat Juga  Bupati Dodi Reza Alex : OPD Realisasikan Program Tepat Waktu

“Penggunaan bungkus daging kurban tidak menggunakan plastik sebagai tindak lanjut imbauan Bupati Muba. Harapannya pada Idul Adha mendatanga pemotongan hewan kurban menjadi kegiatan rutin dan pembagiannya tanpa menggunakan kantong plastik,” ujarnya.

Seorang warga penerima daging hewan kurban Imam (27) mengaku senang dan berterima kasih dengan mendapat pembagian hewan kurban dari Kecamatan Bayung Lencir. “Sekarang pembagian daging tidak memakai kantong plastik tapi menggunakan daun pisang. Dagingnya jadi wangi,” katanya.

Selain menerbitkan surat edaran No. 660/115/I/DLH/2019 tentang pelaksanaan pembagian daging kurban idul adha 1440 H tanpa kantong plastik juga sosialisasi ke masyarakat dan panitia kurban dibantu Ikatan Mahasiswa Muba (IMM). Sosialisasi tanpa kantong plastik juga dilakukan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Muba Thia Yufada Dodi Reza  Ketua TP PKK kecamatan kepada masyarakat.

Lihat Juga  Efek Samping B-100 Bagi Mesin, ini Kata kementan

“Diet penggunan plastik perlu terus kita sosialisasikan karena begitu banyak bahaya kantong plastik serta demi mengurangi kontribusi sampah dari bahan plastik. Apalagi sampah plastik ini sulit untuk diurai,” kata Thia Yufada.

Sementara itu Bupati Muba Dodi Reza Alex menginstruksikan agar ke depan pembagian daging hewan kurban tidak lagi menggunakan kantong plastik. Bila perlu penjualan daging di pasar juga akan diwajibkan untuk tidak dibungkus kantong plastik tetapi menggunakan daun pisang,” katanya.

Dodi Reza juga mengingatkan panitia kurban di seluruh Musi Banyuasin supaya setelah melaksanakan kurban untuk membersihkan area tempat pemotongan hewan kurban. “Bersihkan jangan sampai menimbulkan penyakit, dan kita jaga Muba sebagai kota adipura,” ujarnya.

 

Editor : Maspril Aries

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker