Bisnis

Bangun Kilang LPG BUMD Muba Gandeng PT Pertagas

EkbisNews.com, Jakarta — Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Taruko Muba Energi melakukan terobosan bisnis dengan menggandeng anak perusahaan Pertamina PT Pertagas (Pertamina Gas).

“Setelah melalui pembahasan marathon, hari ini PT Taruko Muba Energi dan PT Pertagas telah menjalin kata sepakat untuk membahas ikatan kerjasama pembangunan kilang LPG Jambi Merang”kata Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin, Kamis (30/5).

Menurut Dodi, Bupati Muba bersama Direksi PT Taruko Muba Energi (TME) telah melakukan pembahasan bersama direksi PT Pertagas yang langsung dipimpin Diektur Utama PT Pertagas Wiko Migantoro, “Ini sebuah kemajuan besar bagi Kabupaten Musi Banyuasin dengan membangunan jaringan energi sekaligus menumbuhkan BUMD yang berbobot dan menghidupinya” ujarnya.

PT Taruko Muba Energi adalah perusahaan patungan yang sahamnya dimiliki oleh PT Petro Muba salah satu BUMD milik Pemerintah Kabupaten Muba dan PT Taruko Energi perusahaan swasta yang bergerak dibidang energi.

Lihat Juga  Deutsche Telekom Sebut Pelarangan Huawei Bisa Hambat Teknologi 5G di Eropa

“PT TME fokus mengajak Pertagas bersama melakukan perencanaan, pembangunan dan pengoperasioan kilang LPG untuk penjualan produksi LPG dengan memanfaatkan gas dari lapangan migas Jambi Merang di Kabupaten Musi Banyuasin” kata Bupati Dodi Reza Alex.

Dalam menjalankan usahanya PT TME telah melakukan kajian kelayakan usaha (feasibility study) pengembangan kilang LPG Jambi Merang. “Sementara itu PT Pertagas akan mendapatkan alokasi dan menyediakan gas terproses dari Blok Jambi Merang milik PT Pertamina Hulu dan Energi” tambah Dodi.

Bupati Dodi menjelaksan, MoU yang akan disepakati merupakan kesepakatan bisnis yang akan jadi pijakan awal melakukan pengembangan kilang LPG Jambi Merang.

MoU yang disepakati akan menjadi guideline kerangka kerja serta pedoman bagi PT Pertagas dan PT TME dalam menyelesaikan proses perencanaan dan negosiasi perjanjian turunan seperti shareholder agrement, pembuatan joint venture, joint study.

Lihat Juga  HKTI Banyuasin Ajak Bank Indonesia Kembangkan Industri Kelapa

Sementara itu menurut Dirut PT Pertagas,Wiko Migantoro, Musi Banyuasin sebagai daerah penghasil migas wajib didorong untuk berperan serta sehingga sinergitas pemerintah daerah dengan pemerintah pusat.

Atas respon positif dari Pertagas, Pemkab Muba bakal meraih sejumlah keuntungan. “Dari sisi strategis kerjasama bisnis yang akan dimulai usai Idul Fitri 1440 H ini, BUMD Muba yakni Petro Muba makin mengukuhkan diri dalam core bussiness yang selama ini digarap” kata Dodi.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker